Senin, 30 Juni 2014

Penggunaan Internet Banking Pada Customer Online Shop



Analisa Responden tentang Kegunaan Internet Banking bagi customer Online shop dengan pedekatan Technology Acceptance Model (TAM)
 
 Pada bagian ini akan diuraikan data tanggapan 30 customer online shop dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Untuk mendapatkan gambaran responden mengenai Kegunaan Internet Banking dalam transaksi online shop khususnya untuk pembeli atau customer. Setelah melakukan dan menyebar kuisioner tentang penggunaan internet banking pada customer online shop didapat hasil dari beberapa butir butir pertanyaan dalam kuisioner. Berikut adalah hasil nya :
Berdasarkan  pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM Mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan Ukuran Perceived usefulness.

1.       Pertanyaan : Internet banking untuk customer online shop dapat meningkatkan efisiensi waktu anda.
Hasil : Dari 30 responden customer onlineshop 83,33% Setuju bahwa penggunaan Internet banking dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam berbelanja via online. 6,67% Sangat Setuju
Dan 10% Tidak Setuju.


2.       Pertanyaan : Pembayaran melalui Internet Banking dapat meringankan kegiatan anda.
Hasil : 66,67% menyatakan Setuju bahwa pembayaran pada transaksi pembelian barang di online shop menggunakan Internet banking dapat meringankan kegiatan customer onlineshop. Tetapi 3,33% masih Ragu-ragu menggunakan Internet banking untuk pembayaran tersebut.


3.       Pertanyaan : Transaksi melalui Internet banking sangat bermanfaat untuk pembayaran online shop.
Hasil : 80% mengatakan Setuju bahwa transaksi melalui internet banking sangat bermanfaat untuk pembayaran onlineshop. Sedangkan 20% responden menyatakan Ragu-Ragu bahwa internet banking sangat bermaanfaat untuk pembayaran transaksi onlineshop.


Maka dapat disimpulkan dari dimensi perceived usefulness (persepsi kemanfaatan) adalah suatu tingkatan yang dipercaya bahwa suatu teknologi akan mendatangkan manfaat bagi orang yang menggunakannya, dikategorikan setuju.

Berdasarkan  pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan Ukuran Perceived Ease of Use
1.       Pertanyaan : Transaksi melalui Internet Banking praktis digunakan.
Hasil : 53,33% mengatakan Sangat Setuju bahwa transaksi melalui Internet Banking praktis untuk digunakan, sedangkan 46,67% mengatakan Setuju.


2.       Pertanyaan : Internet Banking mudah untuk di-akses.
Hasil : dari 66,67% responden Ragu-Ragu menjawab bahwa Interent Banking mudah untuk diakses, sedangkan 33,33% menyatakan Setuju bahwa Internet Banking mudah untuk diakses.


  

3.       Pertanyaan :  Saya merasa Internet Banking Bank memudahkan saya dalam pembayaran untuk onlineshop bertransaksi.
Hasil : Dari 46,67% responden menyatakan Ragu Ragu bahwa internet banking bank memudahkan dalam pembayaran transaksi onlineshop, sedangkan 53,33% responden menyatakan Setuju.


Dilihat dari dimensi perceived ease of use  (persepsi kemudahan pengguna) adalah suatu tingkatan yang dipercaya bahwa suatu komputer dipercaya akan selalu mudah untuk dipelajari dan digunakan, dikategorikan setuju.
Berdasarkan  pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan Ukuran Actual Use
1.       Pertanyaan : Saya berniat menggunakan Internet Banking Bank untuk pembayaran atau transaksi online shop
Hasil: 6,67% tidak setuju , 13,33%  setuju dan 80% dari responden menyatakan sangat setuju untuk berniat menggunakan internet banking untuk pembayaran transaksi dalam online shop.


2.       Pertanyaan : Saya berniat menggunakan Internet Banking Bank lebih sering daripada harus bertransaksi melalui Bank dalam melakukan pembayaran pada transaksi online shop.
Hasil : 3,33% dari responden tidak setuju sedangkan 66,67% dari responden setuju untuk menggunakan fasilitas internet banking dalam pembayaran transaksi onlineshop dibandingkan harus ke bank untuk menyetor uang terlebih dahulu.


Maka dapat disimpulkan dari dimensi actual  usage adalah suatu tingkatan sebagai bentuk respon psikomotor eksternal yang diukur oleh seseorang dengan penggunaan nyata, dikategorikan setuju.
Berdasarkan  pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM Mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan Ukuran Attitude Toward Using
1.       Pertanyaan : Saya suka menggunakan Internet Banking untuk pembayaran onlineshop
Hasil : 33,33% dari responden Ragu ragu terhadap penggunaan internet banking untuk pembayaran onlineshop, sedangkan 66,67% responden menyatakan suka menggunakan internet banking untuk pembayaran onlineshop.


2.       Pertanyaan : Menggunakan Internet Banking adalah ide yang bagus untuk pembayaran pada transaksi online shop.
Hasil : 3,33% dari responden Tidak Setuju sedangkan 66,67 dari responden setuju bahwa menggunakan Internet Banking untuk pembayaran Onlineshop adalah ide yang bagus untuk diterapkan.


Dilihat dari dimensi attitude toward using adalah suatu tingkatan sebagai  sikap  terhadap  penggunaan sistem yang berbentuk penerimaan atau penolakan sebagai dampak bila seseorang menggunakan suatu teknologi dalam pekerjaannya, dikategorikan setuju yang berarti berbentuk penerimaan.

2 komentar:

  1. nice info..
    jangan lupa kunjungi website kami untuk membuat online shop ada terlihat lebih cantik dan menarik http://jasabuatwebsite.co/

    BalasHapus
  2. Best CSGO Gambling Sites | Casino Sites - Bonus Codes 2021
    Find the Best CSGO Gambling Sites in the market. Find trusted 강원 랜드 쪽박 걸 가격 CSGO 사다리 게임 사이트 Gambling sites 룰렛 만들기 that offer 벳플릭스 an awesome collection of games 텍사스홀덤 for free.

    BalasHapus

BG