Analisa Responden tentang Kegunaan Internet
Banking bagi customer Online shop dengan
pedekatan Technology Acceptance Model (TAM)
Pada bagian ini akan diuraikan data tanggapan 30 customer online shop dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Untuk mendapatkan gambaran responden mengenai Kegunaan Internet Banking dalam transaksi online shop khususnya untuk pembeli atau customer. Setelah melakukan dan menyebar kuisioner tentang penggunaan internet banking pada customer online shop didapat hasil dari beberapa butir butir pertanyaan dalam kuisioner. Berikut adalah hasil nya :
Berdasarkan pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada
teori TAM Mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan
Ukuran Perceived usefulness.
1. Pertanyaan : Internet
banking untuk customer online shop dapat meningkatkan efisiensi waktu anda.
Hasil : Dari 30 responden customer onlineshop 83,33% Setuju bahwa
penggunaan Internet banking dapat meningkatkan efisiensi waktu dalam berbelanja
via online. 6,67%
Sangat Setuju
Dan 10% Tidak Setuju.
2.
Pertanyaan
: Pembayaran melalui Internet Banking dapat meringankan kegiatan anda.
Hasil
: 66,67%
menyatakan Setuju bahwa pembayaran pada transaksi pembelian barang di online
shop menggunakan Internet banking dapat meringankan kegiatan customer
onlineshop. Tetapi 3,33% masih Ragu-ragu menggunakan Internet banking untuk
pembayaran tersebut.
3.
Pertanyaan
: Transaksi melalui Internet banking sangat bermanfaat untuk pembayaran online
shop.
Hasil
: 80% mengatakan Setuju bahwa transaksi melalui internet banking sangat
bermanfaat untuk pembayaran onlineshop. Sedangkan 20% responden menyatakan
Ragu-Ragu bahwa internet banking sangat bermaanfaat untuk pembayaran transaksi
onlineshop.
Maka dapat disimpulkan dari dimensi perceived usefulness (persepsi kemanfaatan)
adalah suatu tingkatan yang dipercaya bahwa suatu teknologi akan mendatangkan
manfaat bagi orang yang menggunakannya, dikategorikan setuju.
Berdasarkan
pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM mengenai Kegunaan
Internet Banking Menggunakan
Ukuran Perceived Ease of Use
1.
Pertanyaan : Transaksi
melalui Internet Banking praktis digunakan.
Hasil : 53,33% mengatakan Sangat Setuju bahwa transaksi melalui
Internet Banking praktis untuk digunakan, sedangkan 46,67% mengatakan Setuju.
2.
Pertanyaan
: Internet
Banking mudah untuk di-akses.
Hasil : dari 66,67% responden Ragu-Ragu menjawab bahwa Interent Banking mudah untuk diakses,
sedangkan 33,33% menyatakan Setuju bahwa Internet
Banking mudah untuk diakses.
3. Pertanyaan : Saya merasa
Internet Banking Bank memudahkan saya dalam pembayaran untuk onlineshop
bertransaksi.
Hasil : Dari 46,67% responden menyatakan Ragu Ragu bahwa internet
banking bank memudahkan dalam pembayaran transaksi onlineshop, sedangkan 53,33%
responden menyatakan Setuju.
Dilihat
dari dimensi perceived ease
of use (persepsi kemudahan pengguna) adalah suatu
tingkatan yang dipercaya bahwa suatu komputer dipercaya akan selalu mudah untuk
dipelajari dan digunakan, dikategorikan setuju.
Berdasarkan pertanyaan dalam kuisioner yang mengacu pada
teori TAM mengenai Kegunaan Internet Banking
Menggunakan Ukuran Actual Use
1.
Pertanyaan : Saya berniat menggunakan
Internet Banking Bank untuk pembayaran atau transaksi online shop
Hasil: 6,67% tidak setuju
, 13,33% setuju dan 80% dari responden
menyatakan sangat setuju untuk berniat menggunakan internet banking untuk
pembayaran transaksi dalam online shop.
2.
Pertanyaan : Saya berniat menggunakan
Internet Banking Bank lebih sering daripada harus bertransaksi melalui Bank
dalam melakukan pembayaran pada transaksi online shop.
Hasil : 3,33% dari responden tidak setuju
sedangkan 66,67% dari responden setuju untuk menggunakan fasilitas internet banking
dalam pembayaran transaksi onlineshop dibandingkan harus ke bank untuk menyetor
uang terlebih dahulu.
Maka dapat disimpulkan dari dimensi
actual usage adalah suatu
tingkatan sebagai bentuk respon psikomotor eksternal
yang diukur oleh seseorang dengan penggunaan nyata,
dikategorikan setuju.
Berdasarkan pertanyaan
dalam kuisioner yang mengacu pada teori TAM Mengenai Kegunaan Internet Banking Menggunakan Ukuran Attitude Toward Using
1.
Pertanyaan : Saya suka menggunakan
Internet Banking untuk pembayaran onlineshop
Hasil : 33,33%
dari responden Ragu ragu terhadap penggunaan internet banking untuk pembayaran
onlineshop, sedangkan 66,67% responden menyatakan suka menggunakan internet banking
untuk pembayaran onlineshop.
2. Pertanyaan : Menggunakan
Internet Banking adalah ide yang bagus untuk pembayaran pada transaksi online
shop.
Hasil : 3,33% dari responden Tidak Setuju
sedangkan 66,67 dari responden setuju bahwa menggunakan Internet Banking untuk
pembayaran Onlineshop adalah ide yang bagus untuk diterapkan.
Dilihat dari dimensi
attitude toward using adalah suatu tingkatan sebagai sikap
terhadap penggunaan sistem yang
berbentuk penerimaan atau penolakan sebagai dampak bila seseorang menggunakan
suatu teknologi dalam pekerjaannya, dikategorikan setuju yang berarti berbentuk
penerimaan.
nice info..
BalasHapusjangan lupa kunjungi website kami untuk membuat online shop ada terlihat lebih cantik dan menarik http://jasabuatwebsite.co/
Best CSGO Gambling Sites | Casino Sites - Bonus Codes 2021
BalasHapusFind the Best CSGO Gambling Sites in the market. Find trusted 강원 랜드 쪽박 걸 가격 CSGO 사다리 게임 사이트 Gambling sites 룰렛 만들기 that offer 벳플릭스 an awesome collection of games 텍사스홀덤 for free.